5 Aplikasi Peningkat Bahasa Mandarin-mu dari Nol

Bahasa Internasional kedua setelah Bahasa Inggris sedang banyak diminati berbagai kalangan, baik dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, pebisnis, sampai kalangan umum. Sekolah-sekolah ditanah air kita pun banyak yang mengambil pelajaran bahasa mandarin sebagai salah satu pelajaran dikelas.

Pemerintah dari Negeri Tirai Bambu sedang gencar-gencarnya memperluas jangkauan kemampuan berbahasa mandarin ke manca negara. Bahkan RRC memfasilitasi beasiswa full bagi mereka yang berminat belajar bahasan mandarin. Indonesia juga kebagian jatah ini.

Seperti yang kita ketahui pertumbuhan ekonomi di RRC berkembang pesat dan jaringan bisnis yang sudah sangat mendunia, alasan ini memperkuat bahasa mandarin menjadi bahasa yang penting setelah bahasa inggris.

Dahulu bahasa mandarin dikenal sebagai bahasanya orang Tionghoa dan Cina saja. Sekarang sudah merupakan bahasa yang umum. Tak jarang kita temui orang-orang non Tionghoa pun fasih menuturkan bahasa mandarin dan bisa juga menerima beasiswa melanjutkan studi ke RRC.

Bagi kalian semua yang juga berminat mempelajari bahasa mandarin dan belum memiliki dasar. Kalian bisa mengambil langkah mulai dari memanfaatkan smartphone yang kalian miliki. Manfaatkan smartphone kalian untuk sesuatu yang lebih berguna. Dibawah ini terdapat beberapa aplikasi pilihan yang bisa membantu kalian semua menemukan aplikasi yang cocok dan sukai.

1.Chinese Writer


          Dikembangkan oleh developerMolatra berdomisili di Hong Kong. Chinese writer merupakan aplikasi gratisan yang dapat kamu manfaatkan untuk belajar huruf mandarin sebanyak 800 karakter, sedangkan versi pro tersedia sekitar 5,300 karakter seharga Rp 118.000. Kamu bisa memilih karakter versi simpel atau karakter versi tradisional. Karakter-karakter dibagi lagi menjadi 7 bagian yang disusun berdasarkan tingkat kesulitan.

Huruf-huruf dalam aplikasi ini mengikuti standar HSK (standar internasional penguji kemampuan bahasan mandarin). Dalam versi gratisan kamu hanya mendapatkan huruf-huruf pada HSK level 1, level yang paling dasar.

Ketika kamu memainkannya karakter-karakter mandarin akan berjatuhan dari atas layar handphone hingga kebawah tangkap dan selesaikan secepat mungkin, karena bila anda telah me-miss-kan huruf yang berjatuhan tersebut sebanyak 5 kali artinya kamu sudah game over !Meskipun telah menangkap karakter sebelum terlanjur jatuh kebawah tidak menjamin kamu tidak kalah dalam permainan, kecepatan dalam menyelesaikan menulis karakter pun diperhitungkan.

Pilihan waktu bisa kamu sesuai ada pilihan 30 secs, 20 secs, dan 10 secs, tetapi bagaimana jika huruf yang turun banyak goresan dan kamu belum terlalu mengenal huruf tersebut ? Disinilah kamu ditantang menunjukkan kemampuanmu.

Ada 2 jenis play style sebagai berikut,
1     Tracing, jenis pertama memiliki cara main yang lebih mudah. Saat karakter mulai muncul dari atas dan tangkap, kamu mulai dengan menulis dengan pola, sehingga tidak terlalu menguras kerja otakmu
2     Writing, jenis kedua lebih menantang dari Tracing. Saat karakter muncul dari atas dan tangkap, kamu tulis goresan pertama dan masih ada pola, begitu kamu mengores goresan kedua pola akan hilang dan kamu harus ingat karakter yang telah kamu tangkap untuk menyelesaikan 1 karakter. Hmm.. Cukup menguras otak bukan ? Apalagi menjumpai karakter yang super rumit.

Kegiatan dan prestasimu akan dihargai dengan laporan earning achivements, dengan syarat kamu sudah memiliki akun terdaftar di Trainchinese.com. Jika kamu belum punya daftar saja, gratis kok.

2.Chinese Dictionary & Flashcard


          Pengembang aplikasi ini sama dengan aplikasi diatas yakni Molatra. Pastinya kamu harus mendaftar juga di trainchinese.com agar mendapatkan banyakfitur tambahan salah satunya fiturtranning yang siap melatih kemampuan berbahasa mandarinmu. Saat kamu login dan melakukan upgrade card untuk mendapatkan fitur tambahan kamu juga akan dibebankan biaya berdasarkan berapa jumlah list yang kamu pilih.

          Tidak seperti kamus pada umumnya kamus ini dipenuhi warna warni, baik pada karakter huruf mandarin maupun background. Pada background terlihat sentuhan dominasi warna hijau dengan gambar bambu samar-samar, konsep yang baik supaya tidak menggangu tulisan yang menjadi pusat perhatian. Sedangkan pada huruf mandarin diberi warna warni sesuai dengan intonasi nada. Warna merah untuk nada 1 warna orange untuk, nada 2 warna hijau untuk, nada 3 warna biru untuk, nada 4 dan terakhir warna putih untuk nada netral. Pembedaan warna akan mempermudah proses pembelajaraan dan penghafalan nada.

          Sangat mudah menggunakan dictionary diaplikasi ini, cukup dengan mengetikkan kata dalam huruf mandarin, bahasa inggris, maupun pinyin saja. Dengan sigap kamus akan segera menampilkan arti kata yang kamu cari. Dilengkapi juga berbagai fitur pendukung antara lain;

1. Kalimat pendukung, contoh kalimat yang dapat membantu pemetaan kata.

2. Stroke Order, salah satu kelebihan yang jarang ditemui pada aplikasi gratisan. Stroke Order mengajarkan kamu langkah-langkah cara penulisan karakter mandarin yang baik dan benar.

3. Audio, hanya bisa didapatkan saat perangkat terhubung internet dan akunmu tersambung dengan trainchinese.com. Hadirnya fitur ini tentu akan sangat membantumu mempelajari cara pengucapan dan intonasi per karakter.
Dalam versi gratis kamu bisa mempelajari karakter mandarin versi internasional atau yang biasa disebut versi sederhana. Tetapi jika kamu ingin mempelajari karakter mandarin tradisonal kamu bisa mengupgrade cards kamu dengan membayar sejumlah biaya.

3.Pleco Chinese Dictionary



Aplikasi ini dipersembahkan oleh Pleco Software.Kamus ini memliki ciri khas warna biru. Pada icon aplikasi ini berbentuk kotak dan berlogokan huruf “ “ dibaca yú berarti ikan. Penamaan Pleco diambil dari nama salah satu jenis ikanpemakan alga dan lumut atau yang lebih dikenal sebagai ikan shabu-shabu.

Kamus pleco banyak digunakan oleh mereka yang sudah ahli berbahasa mandarin. Kelengkapan dan keakuratan mendalam menjadi dasar pertimbangan memilih kamus ini. Tampilan yang terlihat profesional menambah kesan bahwa kamus ini berkualitas tinggi dan sangat bisa dipercaya. Pleco kompatibel untuk menjalankan kamus dalam karakter mandarin tradisional dan simpel serta bahasa Kanton.

Terdapat 4 cara menginput kata yang ingin kita cari. Bisa melalui metode handwriting, pencarian kata melalui radikal (pencarian kata melalui radikal terbilang langka dimiliki kamus digital sejenis), mengetik kata dengan keyboard, dan metode OCR Optical Character Recognizer. Sedikit penjelasan bagi yang belum tahu OCR itu apa, OCR ( Optical Character Recognizer ) ialah metode untuk menganalisis objek gambar menjadi huruf dengan fokus kamera. Teknologi seperti ini juga terdapat pada google translate.

Tersedia 4 menu utama pada halaman depan yakni sebagai berikut,

1. Browse Entries, berisi seluruh kosa kata bahasa mandarin dalam kamus ini. Kosa kata tersusun berdasarkan abjad pinyin. Selain kata dasar kamu juga bisa menemukan kata turunan.

2. History, memuat dan mengurutkan kosa kata yang pernah kita cari berdasarkan waktu.

3. Search Tips
, mengarahkan pengguna mencari kosa kata dengan benar.  Disini dijelaskan cara menginput kata yang ingin dicari seperti menginput dengan huruf mandarin ( hanzi ), atau hanya dengan mengetik pinyin dan lain sebagainya. Mengenai cara jenis-jenis cara menginput sudah dibahas diatas.

4. Intrustion Manual, petunjuk lengkap yang siap membantu kamu mengoperasikan kamus digital ini. Mulai dari bagian-bagian, istilah-istilah, bahkan hingga cara pengoperasian dijelaskan terperinci disini.

Selain menyediakan kamus digital freealias gratisan, Pleco juga menyediakan upgrade bagi kamu yang ingin fasilitas lebih lengkap. Pada menu Add-Ons kamu bisa menambah segala sesuatu yang perlu untuk kamu. Pleco menawarkan 2 paket pilihan yaitu Pleco Basic Bundle dan Pleco Professional Bundle.


Banyak menu Add-ons yang bisa dibeli secara terpisah sesuai kebutuhan kamu. Misalnya kamu hanya perlu Stroke Order Diagrams atau audio menggunakan bahasa Kanton, kamu bisa membelinya tanpa terikat dengan paket yang ditawarkan. Harga tercantum dalam satuan USD.

4.Line Dictionary ( Chinese Dictionary )



Kamus yang lengkap untuk dijadikan referensi. Coba saja masukan 1 kata lalu terjemahkan. Sekilas memang seperti kamus pada umumnya, tetapi jika diperhatikan lebih jeli kamu akan menemukan banyak kelebihan-kelebihan, antara lain seperti,

1. Indikator HSK, kata yang kamu cari akan dikelompokan berdasarkan tingkat kesulitan menurut standar HSK seperti gambar dibawah ini saya mencari arti kata “ = wǒ” yang berarti saya. Pada gambar diberitahu bahwa kata “ ” berada ditingkat HSK 1.

2. Stroke order, karakter mandarin ditulis berdasarkan tata cara yang baku, maka dari itu line dictionary dalam versi chinese dictionary juga menyediakan STROKE yang akan sangat membantu. Stroke dalam kamus digital ini juga disertai jumlah guratan (笔画 = bǐhuà ). Stroke hadir dalam 2 versi, versi 1 = kamu bisa mempelajari stroke dengan cara melihat urutan penulisan seperti yang terdapat pada buku cetak, versi 2 = lebih canggih sedikit karena menampilkan strokemenggunakan gambar bergerak, tentunya sangat membantumu dalam penyerapan materi jauh lebih baik.

3. Kalimat pendukung, contoh kalimat membantu kamu menginterpretasikan kata dalam penggunaannya pada kalimat. Kata dalam suatu bahasa tidak dapat digunakan sembarang meskipun memiliki arti sama. Maka dari itu perlu diketahui guna meluruskan penggunaan kata yang kamu cari cocok dalam dalam kalimat seperti apa dan bagaimana penggunaannya. Kalimat-kalimat yang disajikan dilengkapi hanzi, pinyin, audio, dan translate kedalam bahasa inggris.

4. Kamus mini, mempermudah memahami kalimat pendukung ( contoh kalimat ). Pilih kata yang kamu kurang paham lalu klik, kamus mini dengan sigap memahami keinginanmu. Muncul melalui jendela kecil pada bawah layar dan menampilkan arti kata yang kamu inginkan.

Tidak hanya sampai pada penerjemahan kata saja. Kamus digital ini menghadirkan fitur antimainstream-nya ada dalam kamus digital. Sedikit keluar dari kebisaan, Line Chinese Dictionary memberikan layanandaily chinese, terdiri dari beberapa bagian yakni,

1. Today expression,percakapanpendek dan sederhana dilengkapi audio dengan kualitas yang sangat jernih sehingga memudahkan kita mempelajari cara pengucupan dan nada lebih detail serta akurat.

2. Today’s proverbs, budaya Tiongkok kaya akan pribahasa menarik dan arti yang dalam. Mempelajari pribahasa memudahkan kita untuk mengenal lebih dalam budaya Tiongkok. Ada pepatah mengatakan cintailah budaya dari suatu bahasa, maka kamu akan mudah untuk menguasai suatu bahasa. Tidak ada salahnya kamu juga menambah wawasan mengenai pribahasa. Didalam line chinese dictionary disediakan 1 pribahasa pilihan terbaik setiap harinya. Audio pendukung, pinyin, dan arti juga tak lupa diikut sertakan di-today’s proverbs.

3. Today’s quotes, berisi kutipan bijak pemberi sinergi pada kehidupan kita setiap hari. Nama pencetus kutipan dicantumkan dibawah kutipan. Dengan begitu kamu akan dapat jauh lebih mengenal tokoh-tokoh orang terkenal di Tiongkok. Kabar baik bagi kamu meningkatkan pengetahuan akan kosa kata. Kata-kata didalam kutipan umumnya kata dengan tingkat kesulitan menengah hingga sangat sulit. Dengan adanya kondisi seperti ini tentu akan merangsang kamu untuk lebih aktif lagi mempelajari kosa kata baru.

5.Decipher


Dikembangkan oleh Decipher Chinese Language Learning Ltd berpusat di London, United Kingdom.
Bosan belajar kosa kata yang monoton ? Maunya langsung tau cara penggunaannya plus arti kata. Kamu bisa coba Decipher, sebuah aplikasi berisi muatan artikel-artikel berbahasa mandarin khusus untuk kamu pelajari. Artikel-artikel pilihan membantu kamu mempelajari bahasa mandarin dengan sangat praktis. Menariknya artikel yang kamu dapati dalam aplikasi ini diupdate setiap harinya. Pastinya tidak akan membuat pengguna merasa jenuh dengan artikel yang monoton. Setiap artikel ditandai sesuai level HSK. Level HSK dibedakan berdasarkan warna pada tiap-tiap tingkatan. HSK 1 abu-abu, HSK 2 hijau tua, HSK 3 hijau muda, HSK 4 kuning, HSK 5 orange, HSK 6 merah, HSK 6+ merah tua.

Pilihlah artikel berdasarkan tingkat kemampuanmu. Kalau mau baca artikel yang lebih sulit tentu boleh saja dan jangan khawatir. Saat kamu sedang asik membaca tiba-tibaketemu kata yang tidak dipahami pilih dan klik kata / huruf tersebut, tidak usah panik kamus kilat segera muncul memberitahu arti kata yang kamu maksudkan itu. Cara baca dan pinyin juga tak tertinggal dalam hal mengisi rasa keingintahuan pengguna.

Terdapat versi pro (berbayar) untuk bisa menikmati fitur tambahan yang lebih lengkap hanya dengan membayar IDR 67.000 / bulan.

Profil singkat penulis ditampilkan dibawah artikel.Terdapat tombol Thanks yang diperuntukkan si penulis. Selain tombol Thanks, kamu bisa memberikan opinimu mengenai artikel yang telah kamu baca pada kolom komentar dibawah. Adanya tombol thanks dan kolom kometar sedikit memberi ruang interaksi antara penulis dengan pembaca, apakah artikel si penulis disukai pembaca atau sebaliknya. Pada bagian bawah profile


          Artikel-artikel yang pengguna sukai juga bisa save ditempat yang namanya favorites. Caranya gampang pilih artikel yang kamu suka tandai dengan tombol favorite dibawah judul, kemudian buka menu favorites, disanalah tempat menyimpan koleksi berbagai artikel favoritemu.

Setelah membaca review beberapa aplikasi diatas kamu bisa mecobanya. Tidak ada salahnya belajar bahasa asing, karena pasti akan berguna kedepannya. Bahasa mandarin telah menjadi bahasa global. Ketika kamu melamar kerja atau memiliki usaha sendiri dan ingin mengembangkanya, manfaat bisa berkomunikasi dalam bahasa mandarin tentu akan sangat terasa.

Terlebih lagi ketika kamu jalan-jalan keluar negeri terutama wilayah Asia, kamu akan terbantu dengan kemampuanmu sendiri. Mulai dari reservasi hotel, transportasi, dan pemesanan makanan.

Jangan lelah untuk belajar. Teruslah belajar dengan tekun, niscaya kamu akan bisa menguasai bahasa mandarin.

No comments:

Powered by Blogger.